Selasa, 07 April 2009

features media relations 1

BATIK INDONESIA YANG KECOLONGAN

OLEH KINARA APSARI

Iwan tirta hanya bisa mengelus dada karena hasil karya yang berupa motif batik yang ia ciptakan telah dicolong oleh Malaysia

Pria asal Bali yang mempunyai nama asli Nusjirwaan Tirtaamindjaja SH ini mempunyai kisah perjalanan panjang yang dimana Iwan Tirta ini adalah seorang perancan busana, seniman Batik, sekaligus penulis kebudayaan Jawa. Iwan Tirta ini adalah seniman yang sangat terkenal di Indonesia, beliau ini mempunyai hasil karya yang mengagumkan. Motif-motif batik nya patut di acungkan jempol.

Beliau ini telah dinobatkan menjadi salah satu Indonesia Fashioning Icon The Past & Present yang diprakarsai oleh Asosiasi pengusaha dan perancang Mode Indonesia (APPMI) dalam Jakarta Fashion dan Festival Food (JF 3) pekan lalu.

Selain Iwan Tirta, Fashion Icon juga diberikan kepada Peter Sie sebagai tokoh perintis Mode Indonesia yang tetap setia berkarir di jalurnya hingga sekarang ini, dan okky Asokawati sebagai model professional Indonesia yang berhasil mengubah citra pragawati tidak hanya sekedar hobby, tetapi juga dapat menjadi peranan penting sebagai suatu profesi pragawati. Sedang Iwan Tirta, menyandang Fashion Icon sebagai tokoh perintis Mode Batik sebagai warisan budaya Bangsa.

Anda mungkin masih ingat sempat maraknya konflik antara bangsa Indonesia dan Bangsa Malaysia yang diberitakan hampir disemua infotanment dan siaran pagi, siang, sore dan malam. Jutaan pemirsa TV dapat menyaksikan bagaimana bisa kita kecolongan Hak Paten atas Batik. Isu ini sempat heboh, Masyarakat setelah menyaksikan dan mendengar isu- isu yang disiarkan di TV, pastinya masyarakan dapat berkomentar dan berasumsi sendiri, Masyarakatpun memperlihatkan apresiasinya, masyarakat ingin mengetahui lebih dalam bagaimana bisa Malaysia mendapatkan Hak Paten atas Batik, padahal Batik itu sangat identik sekali dengan Indonesia, karna batik adalah warisan kesenian budaya dari nenek moyang kita.

Pada salah satu jumpa pers tepatnya didaerah Kelapa Gading Jakarta, dilihat serta didengar langsung iwan berkata “Saya sangat bahagia mendapatkan perhatian ini, karna membuktikan generasi penerus juga mempehatikan dan memiliki keperdulian terhadap Batik” kata Iwan Tirta, beliau ini selalu memperbincangkan Batik dengan penuh semangat, puitika, energy, dan cinta yang membara.

Akan tetapi Iwan Tirta juga memperlihatkan rasa kekecawaan yang mendalam disebabkan adanya isu tentang Batik tersebut, bahwa Batik Indonesia tengah Duka Cita. Iwan Tirta berkata “Satu sisi saya dan para Fashion Indonesia yang berjuang mati – matian dengan promosi ke Luar Negri agar Batik Indonesia dikenal, di beli, dapat eksis dan dapat diakui oleh Negara – Negara lain, eh ternyata kita bangsa Indonesia telah kecolongan, karena yang mampu membuat Hak Paten atas Batik justru Bangsa Malaysia”, peristiwa itu sangat membuat salah satu perancang busana Batik Indonesia ternama yaitu Iwan tirta sangat kecewa dan terpukul beliau hanya bisa mengelus dada.

Sempat adanya perwakilan dari Indonesia yang membuat forum di Australia, untuk menyanggah Hak Paten Batik Malaysia, ia menyatakan bahwa “Batik adalah Indonesia dan Batik sangat identik dengan Indonesia” Namun ia pun tidak yakin apakah teriakan ini akan berhasil dan didengar? Masalah ini perlu bantuan dari semua pihak, terutama diplomasi, untuk memulihkan kepercayaan masyarakat internasional bahwa Batik Identik dengan Indonesia. Dengan ini semua, dapat diduga bahwa masalah ini dapat terselesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar