PRINT MEDIA WORKSHOP
Lecturer: Ernest Katopo
BUSSINESS PROPOSAL
Of.
I. ABOUT US
GLOW team consists of six person. According to the abbreviation of “God Lead Our Way”, GLOW has a philosophy that we always have to keep glowing as a light in darkness. We believe that by doing our best and pray, with His blessings, we will be success.
Untuk proyek terbarunya, tim GLOW akan membuat sebuah free-magazine tentang traveling yang khusus membahas tentang
§ THERESIA INDRIYATI as a Editor in Chief
Lahir di Beijing dan besar di
§
Wanita kosmopolitan berusia 25 tahun ini merupakan lulusan dari
§ HANNA WIJAYA KUSUMA as a Editor
Sudah lama terjun di bidang media dan namanya sudah dikena dikalang editorial magazine membuat
§ KINARA APSARI, Co-Editor
Penggemar makanan Sunda ini menyelesaikan kuliahnya di Universitas Trisakti Jakarta jurusan komunikasi. Dengan pengalaman 5 tahun di industri media, Kinara amat mengerti seluk beluk penulisan di majalah dan dapat menampilkan tulisan terbaik untuk para pembaca BALI4U.
§ SYAFRI DOINI, Design Production Manager
Pria lajang ini sangat menyukai dunia seni dan desain, serta sempat memperoleh beberapa penghargaan dalam Festival Design Indonesia tahun 2004-2006. Lulusan terbaik dari Monash University Malaysia ini selalu optimis dan selalu belajar untuk mengembangkan kemampuannya lebih lagi.
§ REVINA FEBRIYANTI as a Creative Designer
Revina mengawali karirnya sebagai mahasiswi magang di BALI4U untuk memenuhi tugas kuliahnya. Dengan kemampuan kreatifnya, akhirnya ia diangkat sebagai tim inti dan mulai bekerja di BALI4U sejak Agustus 2007.
Dengan tekad yang kuat, keterampilan menulis, menyusun berita, serta menuangkan ide dan kreatifitas dalam bentuk berita dan design, kami optimis akan dapat memberikan yang terbaik untuk para pembaca majalah BALI4U.
OBJEKTIF
Dengan proposal ini, kami ingin menyakinkan MEYAKINKAN PARA INVESTOR DAN BANK, untuk memberi dukungan dana dalam pembuatan BALI4U magazine.
Dengan beberapa komitmen seperti dibawah ini, sebagai gambaran tentang kerjasama yang akan dilakukan selanjutnya seperti:
o Perencanaan keuangan yang rapih dan juga sederhana agar para investor dan bank dapat melihat dan mempelajari keluar masuknya uang yang diperoleh / digunakan dengan mudah.
o Selalu terbuka / jujur setiap adanya permasalahan.
o Tidak memihak kepada seseorang maupun kelompok tertentu.
TARGET PANGSA PASAR
- Demografis
Majalah “Bali4you” memuat artikel dan iklan-iklan yang dapat dibaca baik laki – laki maupun perempuan, yang berusia 20 – 40 tahun. Kami memilih usia 20 – 40 tahun karena pada usia seperti itu, seseorang telah masuk ke dalam masa produktif. Baik dalam pekerjaan maupun dalam berumah tangga.
- Psikografis
Majalah “Bali4you” dibuat bagi anda yang sangat mencintai travelling, dimana para pembacanya mempunyai gaya hidup yang modern, dynamic, active, dan adventuros. “Bali4you” memuat berbagai macam panduan mengenai tempat – tempat wisata, hotel, restaurant, cafe, spa & salon, pusat perbelanjaan, dan museum ternama di Bali.
- Topografis
Majalah “Bali4you” hanya beredar di Bali, dengan tujuan agar berita dan artikel – artikel yang disampaikan lebih spesifik dan bermanfaat bagi para pembaca pada saat sedang berlibur di Pulau Bali, seperti para Eksekutif Muda, Pasangan Muda, dan Tourist – tourist dari luar negeri.
- Sosiografis
Majalah “Bali4you” diperuntukkan bagi masyarakat yang sangat mencintai gaya hidup karena berita, artikel, dan iklan – iklan yang
dimuat di majalah “Bali4you” bertaraf bintang 5.
POSITIONING
- Majalah “Bali4you” selain menggunakan kertas yang berkualitas dan design yang atraktif, majalah “Bali4you” selalu memuat artikel dan memilih iklan dari para tenant yang berkualitas. Dengan tujuan agar majalah “Bali4you” dikenal sebagai salah satu majalah yang berkelas karena selalu menampilkan gaya hidup / lifestyle yang dibutuhkan oleh para eksekutif muda maupun pasangan muda yang energik dan berpendidikan tinggi.
ANALISIS SWOT
Strength
- Majalah “Bali4you” merupakan majalah gratis yang bisa didapatkan di pick up points tertentu.
- Tenant – tenant yang menjadi member merupakan tenant yang berkualitas dan komersial.
- Dibaca oleh para eksekutif dan pasangan muda yang berpendidikan tinggi ( laki – laki / perempuan ).
- Kertas yang digunakan berkualitas tinggi.
- Desain dan layout ditampilkan secara atraktif.
Weakness
- Adanya keterbatasan distribusi ( hanya beredar di Bali ).
- Ketergantungan dana dari iklan dan pihak sponsor.
- Belum dikenal banyak orang.
Opportunity
- Gaya hidup seseorang yang semakin beragam.
- Masyarakat menyuka hal – hal yang serba gratis.
- Meningkatnya harga majalah Lifestyle yang komersil.
Threats
- Adanya beberapa majalah yang beredar dengan konsep serupa.
- Kurangnya pemasang iklan yang seharusnya ikut membiayai Bali4u.
FINANCIAL ASPECTS
- Majalah “Bali4you” mempunyai beberapa kriteria dalam melakukan kontrak kerjasama, baik itu dengan para member tetapnya maupun dengan para calon member “Bali4you”. Beberapa kriteria tersebut, yaitu :
# Profit Sharing
Dalam kerjasama ini, pihak “Bali4you” akan membagi 30% dari total keuntungan nya dengan pihak member “Bali4you”. Biasanya kontrak kerjasama seperti ini antara “Bali4you” dengan para investor.
WHAT’S IS IT FOR ME (Manfaat dan Kegunaan Untuk Pembaca)
1. pembaca akan mendapatkan berbagai Informasi mengenai
2. pembaca akan mendapatkan tips dari kami bagaimana liburan yang seru dan menarik serta Efektif di Bali, dimana pulau ini tak habis untuk dijelajahi.
3. diharapkan pula GLOW akan memberikan inspirasi dari artikel yang kami suguhkan, untuk mengunjungi tempat liburan di
TARGET AUDIENCE
1. Demografis
a) Sex : Laki-laki / Perempuan
b) Age : 20 - 40 tahun
2. Psikografis
a) Interest : Love Travelling
b) Lifestyle : Active, Adventuros, Dynamic, Modern
3. Topografis
a) Place : Bali Island
b) Profesi: Eksekutif muda, Pasangan muda, Ibu Rumah Tangga,
Mahasiswa, dan para turis asing
4. Sosiografis
SES : A, B
DISTRIBUTION PLAN
Majalah BALI4U merupakan majalah gratis yang bisa diperoleh di tempat-tempat tertentu di area
Pick-Up Points:
Ø Blak Canyan Coffee
Ø KU DE TA
Ø Budha Bar
Ø Ballarad Café
Ø
Ø La Luciola
Ø Ultimo Café
Ø
Ø Aston Banvana Villas
Ø Kamuela Villas
Ø Hotel Ritz
Ø Hotel Four Season
Ø Hotel Intercontinental
Ø BVLGARI Hotels & Resort
Ø Jenggala
Ø Nusa Dua.
Ø Warung Made
Ø Kafe Warisan
Ø Bubba Gum Restaurant
Ø Oberoy Café
Ø Casa Luna Restaurant
Ø Hotel Conrad
Ø Garuda Wisnu Kencana
Ø Travel agent in
Distribusi majalah: dari 10000 exemplar BALI4U yang akan terbit setiap edisinya, akan di sebar ke berbagai daerah yang ada di Bali, mulai dari KUTA, DENPASAR, NUSA DUA, JIMBARAN, UBUD, KINTAMANI, SINGARAJA, LOVINA, TANJUNG BENOA, yang merupakan tempat tempat dimana para turis berkumpul menikmati keindahan alam bali, hingga ke pulau yang berada di sekitar bali seperti Menjangan dan Lembongan.
PROMOTION PLAN
1. Online
Kami menggunakan media internet sebagai salah satu sarana promosi majalah “Bali4you”. Maka dari itu, kami membuat situs resmi majalah kami yakni http://www.bali4you.com
Selain berisi beberapa artikel dari majalah, website ini juga berisi mengenai polling, kuis berhadiah, dan forum diskusi yang memungkinkan para pembaca atau pengunjung website dapat berinteraksi satu sama lain. Dalam website ini pun, para pembaca dapat mendownload artikel atau gambar – gambar yang pembaca sukai.
2. Launching
Acara launching majalah “Bali4you” akan diadakan:
· Tempat : KuDeTa
· Waktu : Tentative
· Konsep Acara : Konferensi Pers dengan mengundang media
· Bintang Tamu : Anggun, Maya Hasan, Luna Maya, Yovie and Nuno.
· Media yang akan diundang:
§ O Channel
§ Jak TV
§ Metro TV
§ Prambors FM
§ Trax FM
§ Elshinta FM
§ Sonora FM
§ Woman Radio
§ A+ magazine
§ Femina Magazine
§ Cosmo Magazine
§ Bazaar Magazine
§ ELLE Magazine
§ Bridal Magazine
§ The Wedding Magazine
mantapppp
BalasHapus