Selasa, 07 April 2009

Socer stuff - fot Presenter

5 Kandidat Pemain Terbaik Dunia 2008
Reky Herling Kalumata - detiksport

Jakarta - Badan sepakbola dunia FIFA telah merilis nama lima kandidat dalam persaingan untuk memperebutkan predikat pesepakbola terbaik dunia tahun 2008. Inilah profil singkat dari mereka:

Cristiano Ronaldo:

Winger internasional Portugal ini diberkati dengan kekuatan, kecepatan, kemampuan bertarung di udara dan memiliki tembakan yang luar biasa. Tandukan kepalanya juga sangat berbahaya dan itu dibuktikan saat final Liga Champions musim lalu.

Dia bergabung di Manchester United setelah David Beckham pergi. Ekspetasi tinggi pun diberikan pada Ronaldo yang diboyong oleh MU dari Sporting Lisbon dengan transfer 12,24 juta poundsterling dari Sporting Lisbon pada 2003.

Dengan bertambahnya jam terbang di Old Trafford, pemain bernomor punggung 7 ini menjelma menjadi mesin serangan Mu yang cukup berbahaya. Kaki dan kepalanya juga sangat berbahaya sehingga membuatnya menjadi mesin gol bagi MU.

Musim lalu Ronaldo berhasil mencetak 42 gol dan sekaligus membawa MU menjadi juara Premier League dan Liga Champions. Ia pun mencatatkan namanya sebagai top skor Liga Inggris, pemain terbaik dunia 2008 versi FIFPro. 3.

Gelar Ballon d'Or jugadirebut oleh pemain yang memiliki nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro ini. Maka sangatlah pantas jika Ronaldo menjadi salah satu kandidat pemain terbaik dunia oleh FIFA.


Fernando Torres

Pemain yang dijuluki El Nino ini langsung mendapat tempat dalam hati fans Liverpool. Ia mencuri perhatian sejak pindah dari Atletico Madrid ke Anfield dengan transfer 20 juta poundsterling.

Torres disebut punya kemampuan perpaduan antara dua mantan striker besar Liverpool Ian Rush dan Kenny Dalglish. Dia punya kecepatan dan keakuratan dalam mencetak. Dia juga mampu menjadi penghubung antara pemain dan menempatkan posisinya.

Torres sukses mencetak 24 gol di liga di musim pertamanya dengan Liverpool. Ini merupakan rekor baru bagi seoang striker asing dalam satu musim. Bersama timnas Spanyol, dia juga berperan penting membawa skuadnya mnenjadi juara di Euro 2008.

Penyerang berusia 24 tahun ini sukses mencetak gol kemenangan bagi tim Matador di final Euro 2008 lalu. Atas kontribusinya tersebut Torres terpilih sebagai Man of The Match.

Xavi Hernandez

Gelandang Barcelona ini menunjukkan performa terbaiknya saat ikut membantu Spanyol menjadi juara Eropa. Dia dinobatkan sebagai pemain terbaik di turnamen tersebut.

Xavi memiliki peran besar saat memberikan passing kepada Torres untuk mencetak gol kemenangan 1-0 atas Jerman. Ia pun merupakan pemain penting dalam skuad Barcelona saat ini yang sedang memimpin klasemen Primera Liga.

Baru-baru ini pemain berusia 26 tahun ini dinobatkan sebagai playmaker terbaik 2008 oleh International Federation of Football History & Statistics (IFFHS).

Lionel Messi

Pemain Argentina memang disebut sebut sebagai Diego Maradona. Messi memang memiliki bakat dengan kemampuan kontrol bola yang luar biasa dan cerdik, serta licin melewati lawan serta mampu mencetak gol yang indah.

Hal itu diperlihatkan Messi kepada Maradona yang kini melatih tim Argentia dengan mencetak hat-trick ke gawang Atletico Madrid di Vicente Calderon Selasa lalu.

Dia sudah menjalani debutnya di tim Barcelona senior saat masih berusia 16 tahun. Sedangkan di timnas Argentina, Messi telah tampil penuh di usia 16 tahun saat melakukan ujicoba melawan Hongaria Agustus 2005.

Messi sukses membawa Argentina meraih medali emas di Olimpiade Beijing tahun lalu. Musim ini ia mencetak 10 gol di Primera Liga guna membantu Barcelona memimpin klasemen dengan unggul 10 poin.



Kaka

Playmaker AC Milan dan Brasil ini memang sedang berusaha mempertahankan gelar pemain terbaik FIFA yangf diraihnya pada 2007. Cedera mengganggu karir Kaka selama tahun 2008 ini sehingga dia hanya sedkit tampil.

Namun kemampuannya masih tetap harus diakui dan tidak heran masih tetap masuk dalam kandidat pemain terbaik FIFA. Kehadiran Kaka memang mampu memberikan perubahan baik bagi Milan dan juga timnas Brasil.
( key / a2s )

Jumat, 09/01/2009 11:00 WIB
Jelang MU vs Chelsea
Jago Kandang vs Jawara Tandang

Doni Wahyudi - detiksport

Jakarta - Bersama Liverpool, Manchester United adalah klub yang punya performa kandang terbaik musim ini. Bagaimana jadinya kalau yang bertandang adalah Chelsea, tim dengan rekor away terbaik? Berikut data-faktanya.

Torehan Kandang MU
-Setelah total 18 pertandingan dilalui, MU tercatat sebagai klub yang meraih poin terbanyak di kandang sendiri yakni berjumlah 22 dari delapan laga yang dihelat di Old Trafford. Hanya Liverpool yang mampu menyamai rekor ini.

-Dari delapan laga kandang tersebut, tujuh di antaranya berkesudahan dengan tiga poin diraih. Sementara satu-satunya hasil imbang didapat saat menjamu Newcastle United pada pekan perdana Premier League. Tujuh kemenangan kandang menjadikan MU sebagai klub yang paling banyak menang di rumah sendiri sepanjang musim ini.

-Di Old Trafford performa lini belakang "Setan Merah" juga makin solid. Dengan empat gol tercipta ke gawang mereka, MU menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit di kandang.

-Sebanyak 75% laga kandang, atau sejumlah enam pertandingan, berkesudahan dengan kegagalan lawan menjebol jala MU. Raihan ini membuat The Red Devils menjadi klub dengan jumlah clean sheet terbayak saat bermain di depan pendukungnya sendiri, ini lagi-lagi cuma bisa disamai Liverpool.


Torehan Tandang Chelsea
-Chelsea menjadi klub yang paling banyak meraih poin dari pertandingan tandang, total poin yang didapat dari lawatannya adalah 26. Jumlah tersebut menyumbang lebih dari 50% total poin The Blues saat ini yang berjumlah 42.

-Delapan kemenangan berhasil dibawa pulang Chelsea dari laga tandangnya, jumlah ini menjadikan skuad besutan Luis Felipe Scolari sebagai tim dengan jumlah kemenangan away terbanyak.

-Chelsea menjadi satu-satunya klub yang tak pernah kalah di laga tandang. Sebelum diimbangi Fulham dan Everton pada dua laga tandang terakhir, John Terry malah mampu meraih hasil sempurna alias membawa pulang kemenangan di delapan laga tandang sebelumnya.

-Kemenangan di laga tandang Chelsea juga didapat dengan meyakinkan. Si Bitru dari Kota London itu menjadi tim dengan jumlah produktivitas away terbaik setelah membukukan 23 gol dari 10 pertandingan, atau rata-rata 2,3 gol setiap pertandingan.

-Lini belakang Chelsea juga tak kalah meyakinkan karena dalam 10 pertandingan tersebut cuma kebobolan tiga kali. Catatan ini membuat semifinalis Liga Champions itu menjadi klub dengan jumlah kemasukan paling sedikit saat menjalani laga tandang. ( din / krs )

Mobil Remuk, Ronaldo Selamat
Arya Perdhana - detiksport



Manchester - Cristiano Ronaldo mengalami kecelakaan hebat saat mengendarai mobil mewahnya. Ia pasti sangat beruntung karena meski mobilnya remuk, Ronaldo keluar dari mobilnya minus cedera.

Kecelakaan itu terjadi pada Kamis (8/1/2009) pagi waktu Manchester. Ferrari yang dikendarai Ronaldo menabrak pembatas jalan di sebuah terowongan dekat Bandara Manchester. Demikian dikabarkan AFP.

Seorang fotografer tiba di tempat kejadian tak lama setelahnya. Ia menggambarkan mobil pesepakbola berusia 23 tahun itu sebagai 'rusak berat', tetapi kepolisian Greater Manchester menyebut tak ada seorang pun yang terluka dalam peristiwa tersebut.

"Petugas telah datang dan menemukan sebuah Ferrari menabrak pembatas. Tak ada seorang pun yang menderita cedera," demikian diungkapkan oleh aparat berwajib.

Dugaan bahwa Ronaldo sedang dalam keadaan mabuk ketika nyetir patah karena pemain berkebangsaan Portugal itu telah menjalani tes pernafasan dan hasilnya negatif alias tidak ditemukan substansi alkohol.

Baiknya kondisi Ronaldo dikonfirmasi oleh MU. "Cristiano baik-baik saja. Dia sedang menuju latihan. Dia tak mendapatkan perawatan apapun. Dia sudah berlatih bersama tim dan oke," tukas seorang juru bicara.

Ronaldo dikabarkan tidak mengalami trauma apapun dan tetap siap bermain sepakbola. Hari Minggu (11/1), Ronaldo akan memimpin rekan-rekannya menjamu salah satu lawan terberat di Liga Primer, Chelsea.

Jelang Roma vs Milan
Berharap Debut Yahud dari Beckham
Doni Wahyudi - detiksport



Jakarta - David Beckham tampil luar biasa saat menjalani debut di Real Madrid, namun dia justru harus kecewa saat pertama kali membela LA Galaxy. Bagaimana laga perdananya bersama AC Milan?

Setelah resmi ditransfer bulan lalu, Beckham memang sudah sempat membela Milan. Namun itu cuma di partai ujicoba saat dia dimainkan menghadapi Hamburg SV selama 45 menit. Meski belum ada kepastian namun gelandang 32 tahun itu diyakini akan menjalani laga kompetitif perdananya bersama Rossoneri saat bertamu ke AS Roma akhir pekan ini.

Bagaimana hasil laga sengit tersebut tentunya masih harus menunggu peluit panjang dibunyikan wasit. Yang kemudian menarik untuk dicermati adalah trek rekor Becks saat menjalani debut bersama tiga klub besar yang pernah dibela sebelumnya.

Karena merupakan jebolan sekolah sepakbola Manchester United, Becks tercatat sudah sejak belia membela The Reds Devils. Namun laga perdananya di Premier League bersama tim senior baru terjadi pada 2 April 1995, setelah dia pulang ke Old Trafford usai dipinjamkan dari Preston North End.

Tak banyak yang bisa dicatat dari debut Becks muda saat itu. Tak ada yang keluar sebagai pemenang di akhir laga karena hingga wasit meniupkan keluit panjang skor bertahan di angka 0-0.

Kepindahannya ke Real Madrid yang sangat menghebohkan pada tahun 2003 dibayar Becks dengan performa gemilang di laga debutnya. Di pertandingan resmi pertama bersama Los Blancos, Beckham mencetak satu gol ke gawang Real Mallorca untuk mengantar klub barunya itu memenangi Piala Super Spanyol.

Start sempurna Beckham tak selesai sampai di situ. Saat menjalani pertandingan perdananya di La Liga Primera, lagi-lagi gol berhasil dia cetak. Becks bahkan cuma butuh waktu dua menit untuk menuliskan namanya di papan skor, laga menjamu Real Betis itu akhirnya berkesudahan 2-1 untuk tuan rumah.

Sementara saat pindah ke LA Galaxy, Becks justru dipaksa menjalani debut pahit. Dia gagal mengindarkan timnya dari kekalahan saat bertandang ke DC United, Becks saat itu masuk sebagai pemain penggant.

Sementara di timnas Inggris laga perdana Beckham juga meninggalkan kesan manis. Meski tak mencetak gol dia mengantar Inggris menundukkan Moldova dengan skor 3-0 di Kualifikasi Piala Dunia 1998 pada 1 September 1996.

Jadi, bagaimana debut Becks bersama Rossoneri akhir pekan ini?

Selasa, 16/09/2008 00:21 WIB

Diwarnai Kerusuhan, Persela Tekuk PSM 3-1
Muhammad Nur Abdurrahman - detiksport

Makassar - Kerusuhan terjadi saat Persela Lamongan menundukkan PSM Makassar. Sempat dihentikan sekitar satu jam, tim tamu akhirnya memetik kemenangan dengan skor 3-1.

Laga dihentikan sekitar menit 70 atau tepatnya setelah Marcio Sousa mencetak gol ketiga tim tamu yang membuat kedudukan berubah menjadi 3-1. Saat itulah penonton mulai menghujani batu dan botol minuman ke arah pemain dan bench Persela di Stadion Andi Matalatta, Makassar, Senin (15/9/2008).

Kericuhan ini menyebar di dalam stadion ke bagian penonton di tribun terbuka. Penonton yang kecewa merusak pagar pembatas stadion sementara jala gawang ikut disobek-sobek. Logo sponsor di pinggir lapangan pun jadi korban keganasan mereka.

Kejadian ini membuat laga terpaksa dihentikan. Keributan sendiri berlangsung sekitar 30 menit dan bari berakhir setelah puluhan petugas kepolisian yang dibantu ofisial PSM mendesak perusuh meninggalkan tribun penonton ke luar stadion.

Untungnya kekacauan uga tak berlanjut di luar stadion. Meski sebagai perusuh masih menimpuki stadion dengan batu namun aksi anarki mereka tak dilampiaskan pada sarana dan prasarana umum, mobil-mobil yang parkir di sekitar stadion pun aman dari sasaran kerusuhan.

Setelah satu jam laga akhirnya dilanjutkan. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, anggota kepolisian dan Polisi Militer membentuk pagar betis yang mengelilingi lapangan.

Tak ada gol tercipta di sisa waktu pertandingan yang membuat skor bertahan di angka 3-1 untuk keunggulan Persela. Ketiga gol tim tamu sebelumnya dicetak Fabiano di menit 20, aksi bunuh diri Jayusman dan gol Marcio Sousa yang kemudian berbuntut kerusuhan.

Sedangkan gol semata wayang skuad besutan Raja Isa hadir dari eksekusi penalti Julio Lopez lima menit sebelum turun minum.

Senin, 05/01/2009 01:06 WIB
Piala FA
MU Rontokkan 10 Pemain Southampton
Arya Perdhana - detiksport


AFP/Adrian Dennis

''

Foto Terkait

gb

Soton Bukan Tandingan MU

Southampton - Manchester United tak menemui kesulitan saat harus menghadapi Southampton di babak III Piala FA. 'Setan Merah' menang 3-0 atas lawan yang harus mengakhiri laga dengan 10 pemain.

Tiga gol dari Danny Welbeck, Luis Nani dan Darron Gibson membuat MU keluar dari Stadion St Mary, Senin (5/1/2009) dinihari WIB, dengan langkah tegap.

Kemenangan telak ini mengantar MU melaju ke babak keempat. Di babak tersebut, pasukan Sir Alex Ferguson sudah ditunggu oleh tim Premiership lainnya, Tottenham Hotspur.

Jalannya pertandingan
MU menurunkan banyak pemain utama dalam pertandingan ini. Tetapi beberapa pemain muda seperti Welbeck disisipkan di formasi starter. Nama pemain muda lain seperti Rodrigo Possebon dan Gibson ada di daftar cadangan.

Menit ke-16 dan 17, pertahanan Southampton bagai neraka. Bila bukan karena kecekatan kiper Kelvin Davis dan bek Chris Perry, dua peluang MU melalui Nani dan Dimitar Berbatov seharusnya sudah berbuah gol.

Menit 19, MU mencetak gol pembuka melalui Welbeck. Bermula dari sepak pojok, John O'Shea menanduk bola yang ditepis Davis dan membentur mistar. Namun bola muntah disundul Welbeck dari jarak dekat untuk membawa tim tamu memimpin 1-0.

Michael Carrick hampir saja membawa MU melaju lebih jauh di menit 28. Carrick berhasil melewati kiper Davies dan melaju sendirian ke gawang Soton. Beruntung bagi tuan rumah, Perry dengan cekatan membuang bola. Meski sempat berbalik membentur Carrick lagi, si kulit bundar akhirnya keluar lapangan.

Penderitaan Soton menjadi lebih buruk di menit 36. Matthew Paterson diusir wasit Mike Riley setelah tekel terbangnya menghajar tulang kering Nemanja Vidic. Tertinggal dan hanya beranggotakan 10 pemain adalah kondisi yang tidak diinginkan tuan rumah.

Menit terakhir babak pertama, Welbeck gagal menambah pundi-pundi golnya. Sontekan Welbeck menyambut umpan silang Nani masih membentur kepala Davis sebelum mental terkena tiang gawang.

Tiga menit babak kedua berjalan, MU mendapat hadiah penalti. Riley menghukum Southampton setelah David McGoldrick didakwa menyentuh bola dengan tangannya pasca tendangan bebas Nani.

Nani yang menjadi eksekutor penalti dengan tenang melaksanakan tugasnya, mengecoh Davis dan membuat MU unggul 2-0.

Semenit kemudian, kembali Davis menggagalkan peluang Welbeck. Sontekan Welbeck menyambut umpan silang dari Anderson yang berakselerasi di kotak penalti Soton ditepis sang kiper.

Satu jam marka waktu pertandingan terlewati, tendangan gunting Nani membentur tiang kanan Davis setelah sebelumnya umpan yang ia coba lepaskan disapu bek Soton tetapi jatuh kembali ke kakinya.

Beberapa peluang dari Wayne Rooney serta Berbatov di menit-menit berikutnya gagal menambah gol MU. Kecekatan Davis menyelamatkan gawangnya mencegah Southampton kalah lebih besar.

Sepuluh menit sebelum laga diakhiri, MU akhirnya memetik gol pamungkas. Rooney yang lolos di kiri kotak penalti Soton melepas umpan silang yang segera saja disambut oleh Gibson dengan tendangan keras jarak dekat.

Skor 3-0 ini bertahan hingga akhir pertandingan.

Susunan pemain
Southampton: Davis; Lancashire, James, Perry, Skacel; Gobern (Schneiderlin 55), McGoldrick, Gillett (McLaggon 55), Smith; Surman, Paterson

Man Utd: Van Der Sar; Neville, Evans, Vidic, O'Shea; Nani, Anderson, Carrick (Gibson 55), Giggs (Possebon 55); Welbeck (Rooney 63), Berbatov

Gol Robben Menangkan Madrid
Arya Perdhana - detiksport


AFP/Philippe Desmazes

''

Foto Terkait

gb

Madrid Bungkam Villarreal 1-0

Madrid - Real Madrid mengawali tahun 2009 dengan cukup baik. Menjamu Villarreal, Madrid menang 1-0. Terimakasih kepada Arjen Robben yang menciptakan gol tunggal Los Merengues.

Kemenangan ini membuat Madrid memantapkan posisinya di peringkat tiga klasemen sementara La Liga dengan nilai 32. Raul Gonzalez dkk juga setia menempel Valencia yang satu poin di depan.

Di Santiago Bernabeu, Senin (5/1/2009) dinihari WIB, Madrid menurunkan dua punggawa barunya, Klaas Jan Huntelaar dan Lassana Diarra sebagai starter.

Dua menit laga berjalan, Madrid sudah mengancam. Umpan terobosan Fernando Gago meloloskan Sergio Ramos berhadapan dengan kiper lawan. Namun Diego Lopez dengan sigap menghadang tembakan Ramos.

Madrid masih menggebu dalam membangun serangan. Menit ke-12, tendangan kencang Robben dari luar kotak penalti gagal menjadi gol karena membentur mistar gawang Lopez.

Memasuki menit 32, Madrid memetik gol pembukanya melalui Robben. Menguasai bola di dekat garis gawang di sisi kanan gawang Villarreal, Robben mengakhiri dengan tendangan keras yang bersarang di jala Lopez. 1-0 bagi Madrid.

Hanya berselang semenit, Villarreal nyaris membalas. Kerjasama Marcos Senna dan Giuseppe Rossi diteruskan kepada Robert Pires yang mengakhirinya dengan tendangan keras. Iker Casillas yang mengawal gawang Madrid dengan sigap menepisnya.

Lima menit sebelum jeda, Huntelaar nyaris mencetak gol di laga debutnya. Lolos dari jebakan off-side, sepakan penyerang Belanda itu dengan luar biasa ditepis Lopez. Bola muntah jatuh ke kaki Raul tetapi sepakannya melayang tinggi.

Delapan menit setelah restart, giliran Villarreal mengancam. Umpan Rossi kepada Joseba Llorente diteruskan dengan tembakan mendatar yang masih bisa ditepis oleh Casillas.

Villarreal kembali beroleh peluang di menit 71. Sundulan Rossi memanfaatkan umpan dari Ariel Ibagaza secara luar biasa ditepis keluar oleh Casillas dengan refleks mengagumkan.

Tak sampai semenit, giliran Lopez yang mengamankan gawang Villarreal. Umpan flick dari Ramos dilanjutkan oleh Wesley Sneijder dengan tendangan mendatar yang masih bisa dihalaui Lopez.

Tim tamu yang belum menyerah mencoba membalas di menit 86. Pergerakan Ibagaza di kotak penalti Madrid diakhiri dengan tembakan mendatar yang terarah namun Casillas dengan lengket mampu menjinakkan si kulit bundar.

Tak ada yang bisa diperbuat oleh kedua tim di sisa waktu yang ada. Skor 1-0 bagi kemenangan Madrid pun bertahan hingga saat wasit meniup peluit panjang tanda usainya laga.

Susunan pemain
Madrid: Casillas; Ramos, Pepe, Cannavaro, Heinze; Sneijder, Diarra (Van Der Vaart 77), Gago, Robben (Palanca 89); Raul, Huntelaar (Drenthe 55)

Villarreal: Lopez; Lopez Ruano, Rodriguez, Godin, Capdevilla; Pires (Cani 78), Senna (Ibagaza 70), Eguren, Cazorla; Rossi, Nihat (Llorente 47)

Sabtu, 27/12/2008 02:12 WIB

Penuh Aksi, Villa Tahan Arsenal 2-2
Arya Perdhana - detiksport


AFP/Glyn Kirk

''

Foto Terkait

gb

Arsenal Rebah di Emirates Stadium

Birmingham - Melalui 90 menit penuh aksi, Aston Villa berhasil menahan tamunya Arsenal dengan skor 2-2. Adalah Zat Knight yang menghindarkan tuan rumah dari kekalahan.

Di Villa Park, Sabtu (27/12/2008) dinihari WIB, Villa lebih banyak menekan. Meski begitu, Arsenal sukses mencetak dua gol lewat upaya Denilson dan Abou Diaby. Villa mengejar via gol Gareth Barry dan Knight.

Villa pantas mengutuki ketidakberuntungan mereka meski akhirnya tidak jadi kalah. Sejumlah peluang mereka dimentahkan oleh tiang dan mistar gawang serta penyelamatan luar biasa barisan pertahanan Arsenal.

Hasil ini tidak mengubah posisi kedua tim di klasemen. Villa tetap berhak atas peringkat empat dengan nilai 35. Sementara Arsenal masih tertahan di posisi lima dengan koleksi nilai 32.

Jalannya pertandingan
Kedua tim sama-sama turun dengan formasi konservatif 4-5-1. Meski demikian, hal itu tidak menghalangi terciptanya sebuah pertandingan dengan tempo cepat semenjak menit pertama.

Laga baru memasuki menit keenam kala mistar gawang Arsenal mencegah Steve Sidwell membawa Villa di depan. Tandukan Sidwell menyongsong korner Barry mental kena mistar dan gagal menjadi gol.

Villa lagi-lagi mengancam di menit 16. Tendangan bebas Barry yang mental kena pagar betis Arsenal disambut oleh Luke Young dengan tendangan keras yang membentur bek The Gunners dan melayang di atas mistar Manuel Almunia.

Menit 20, giliran William Gallas yang menyelamatkan gawang Arsenal. Gallas memblok tendangan Sidwell dari jarak dekat setelah sebelumnya bola lengkung dari Gabriel Agbonlahor ditepis oleh Almunia.

Umpan silang panjang dari Ashley Young di menit 34 menuju ke James Milner yang bebas di kotak penalti Arsenal. Namun karena kontak Milner dengan bola minimal, si kulit bundar masih bisa diamankan Almunia meski sebelumnya sempat mencium tiang kiri gawang.

Prahara di pertahanan The Gunners belum usai. Menit 37, tendangan lob Curtis Davies tak bisa ditahan Almunia tapi tetap saja gol gagal terjadi karena mistar gawang masih menahan si kulit bundar.

Arsenal yang jarang menyerang justru mencuri gol lima menit sebelum turun minum. Denilson sukses merebut bola dari Nigel Reo-Coker dan tanpa kompromi menjebol gawang Villa yang dijaga Brad Friedel dari jarak dekat.

Para pendukung Villa di stadion hampir saja bersorak gembira di menit 43. Sundulan Agbonlahor sudah berhasil menaklukkan Almunia tetapi sebuah tendangan salto dari Bacary Sagna sukses menghalau bola hanya beberapa senti dari garis gawang. Sungguh beruntung Arsenal.

Tiga menit memasuki babak kedua, Arsenal tampak akan memenangi pertandingan dengan unggul 2-0. Memanfaatkan umpan silang Emmanuel Eboue, Diaby sukses merobek gawang Friedel dengan tendangan yang tak terlalu keras.

Angin mulai berbalik. Di menit 59, Arsenal hampir saja 'membunuh' perlawanan Villa andai saja tendangan Eboue yang bebas di kotak penalti tak berhasil diselamatkan oleh Friedel dengan cemerlang.

Tetapi Villa tak menyerah. Menit 65, Agbonlahor lolos di kotak penalti Arsenal dan itu memaksa William Gallas menjatuhkannya. Penalti! Barry yang menjadi eksekutor melakukan tugasnya dengan sempurna dan memperkecil kedudukan jadi 1-2.

Villa bagai mendapat suntikan semangat dengan gol itu. Agbonlahor cs kian gencar menyerang. Menit 73, Milner lolos di sisi kanan kotak penalti Arsenal tetapi tembakannya diblok menjadi sepak pojok oleh Mickael Silvestre.

Setelah terus menekan di sisa waktu yang ada, upaya Villa terbayar di menit kedua injury time. Sebuah umpan silang Stilian Petrov dari kanan mengenai kaki Sagna dan jatuh di kaki Knight. Tanpa ampun, Knight menjebol gawang Almunia dengan tendangan kaki kirinya.

Di sisi lapangan, O'Neill serta puluhan ribu pendukung tuan rumah bersorak kegirangan menyambut gol ini. Skor 2-2 pun akhirnya bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga telah usai.

Susunan pemain
Villa: Friedel; Reo-Coker, Davis, Knight, L. Young; Milner, Petrov, Sidwell, Barry, A. Young; Agbonlahor

Arsenal: Almunia; Sagna, Toure, Gallas, Silvestre; Song (Ramsey 44); Eboue, Denilson, Diaby, Nasri (Clichy 82); Van Persie

10/12/2008 23:12 - Sepakbola
Suporter Persikota Tangerang Mengamuk

Liputan6.com, Tangerang: Pendukung Persikota Tangerang terlibat bentrok setelah tim kesayangan mereka kalah 2-1 saat menjamu Persitara Jakarta Utara dalam lanjutan Copa Dji Sam Soe 2008. Tidak hanya dengan tim tamu, pendukung Persikota juga bentrok dengan pendukung satu wilayah, Persita Kabupaten Tangerang.

Bentrokan dengan pendukung Persita Tangerang terjadi di kawasan Nambo. Awalnya pendukung Persikota yang sedang kesal karena tim mereka kalah melewati daerah suporter fanatik Persita Tangerang. Bentrokan tak terhindarkan karena warga sekaligus suporter Persita menghadang laju pendukung Persikota.

Saling lempar batu dan kayu berlangsung selama beberapa waktu. Dalam insiden ini pendukung Persita terluka terkena lemparan batu. Tawuran baru berhenti setelah polisi turun tangan dan mengawal rombongan Benteng Mania.

Sebelumnya suporter Persikota saling lempar batu dengan pendukung Persitara. Fans Persikota melempari kubu tim tamu usai pertandingan. Tak mau kalah, suporter Persitara membalas lemparan Benteng Mania dengan batu dari arah dalam Stadion Benteng. Hujan batu sempat berlangsung beberapa menit di sekitar stadiion.

Untuk mencegah bentrokan berlanjut, polisi membawa puluhan pendukung Persitara dengan menggunakan truk militer. Massa Benteng Mania yang berkerumun di depan stadion akhirnya dibubarkan paksa. Dalam pertandingan ini, Persitara Jakut mengalahkan Persikota dengan skor 2-1.(JUM/Abdul Rosyid)

12/06/2008 05:51 - Sepakbola
Laga Perseta-Persedikab Ricuh

Liputan6.com, Tulungagung: Wajah persepakbolaan negeri ini ternyata belum hilang dari aksi baku hantam dan keributan di lapangan. Terbukti dalam lanjutan pertandingan Liga Indonesia Divisi I antara Perseta Tulungagung melawan Persedikab Kabupaten Kediri di Stadion Rejoagung Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (11/6). Pemain saling serang. Wasit pun dibogem.

Tanda-tanda keributan sudah tampak sejak menit awal babak pertama. Kepemimpinan wasit Wandi dari Sidoarjo yang kurang tegas membuat pemain cenderung bermain keras. Menit 65, keributan terjadi ketika pemain Perseta, Wahyu memukul pemain Persedikab sampai roboh. Pemain Persedikab terpancing sehingga membalas. Kartu merah diberikan ke Persedikab. Tak terima dengan keputusan ini, pemain Persedikab memukul wasit.

Keributan memancing penonton di tribun timur stadion. Mereka melempari pemain dan wasit. Beruntung keributan tak berlanjut. Petugas berhasil mendinginkan suasana. Pertandingan Perseta-Persedikab sendiri berakhir imbang tanpa gol.(TOZ/Danang Sumirat)

05/05/2008 06:10 - Sepakbola
Keributan di Lapangan Hijau Kembali Terjadi

Liputan6.com, Bekasi: Potret buram sepakbola nasional kembali terekam Ahad (4/5). Dalam sebuah pertandingan Divisi Satu, kericuhan terjadi yang melibatkan polisi dan para pendukung Persipasi Bekasi. Herannya, kubu yang bentrok dengan polisi ialah yang memenangi pertandingan.

Keributan dipicu permainan kasar kedua tim. Saat Persipasi mencetak gol kedua yang membawa timnya unggul 2-1, para pemain Krakatau Steel memprotes putusan wasit yang dianggap berat sebelah.

Protes pemain Krakatau Steel disambut lemparan botol mineral oleh suporter Sersipasi. Polisi dan petugas keamanan masih bisa meredam keributan ini dan pertandingan bisa dilanjutkan lagi.

Saat dilanjutkan, permainan makin kasar. Dan, begitu usai pertandingan, protes keras dilakukan manager dan pelatih dari kubu Krakatau Stell lantaran wasit dinilai tidak sportif.

Polisi dengan cepat mengamankan wasit Arif Kenedy dan membawa masuk ke ruangan ganti. Sementara suporter yang terbawa emosi coba ditenangkan polisi. Bahkan sejumlah pengurus dari kubu Persipasi berupaya untuk meredam emosi para suporter dan polisi.(JUM/Tim Liputan 6 SCTV)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar